Senin, 05 September 2011

DENGAN KASIH ATAU CINTA?

1 Korintus 13:4-7
(40 kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Tidak memegahkan diri dan tidak sombong. (5) ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri.ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. (6) ia tidak bersuka cita karna ketidak adilan, tetapi karna kebenaran. (7) ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

Yohanes 3:16
Karna begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan anak Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Dari ke 2 firman tadi kita dapat memiliki sedikit gambaran tentang kasih. Kasih sendiri di dalam Kristen di bagi menjadi 4 golongan, yaitu:
1. Kasih storge, kasih storge adalah kasih yang sudah ada sejak manusia lahir, kasih ini adalah kasih secara darah atau garis turunan. Contoh kasih ayah pada anak nya, kasih ibu pada anak nya, kasih anak pada orang tua nya, atau kasih adik pada kakak nya dan sebalik nya. Walau pun besar nya kasih storge yang di karna kan hubungan darah yang tidak bisa di lepaskan tetapi kasih ini tidak lah sejati, sewaktu waktu kasih storge dapat retak dan hilang, seperti yang banyak di temui di zaman sekarang banyak sekali anggota keluarga yang sudah tidak lagi mengasihi anggota keluarga lainnya.
2. Kasih filia/filios, kasih filia/filios adalah kasih yang bukan hanya di batasi oleh hubungan darah, kasih ini lebih luas, filia tidak mengenal hubungan darah, lawan jenis, usia,agama ataupun golongan. Kasih ini sering juga di sebut dengan “ TEMAN” kasih ini memang sangat luas jangkauan nya tetapi sama halnya seperti storge kasih ini juga tidak lah sejati.
3. Kasih eros, kasih eros merupakan kasih antara seseorang dengan lawan jenis yang berbeda (laki-laki dan perempuan). Naah kalau kasih yang ini sering juga di sebut dengan “CINTA”, seseorang yang sedang mengalami kasih eros biasanya memang sangat mengebugebu, ia tidak memandang fisik, ataupun perbedaan, kasih ini sering di bilang kasih yang kuat. Namun pada kenyataan nya kasih ini juga tidak lah abadi, kasih eros juga dapat luntur saat adanya badai, seperti perselingkuhan,atau ketidak cocokan.
4. Kasih aghape, kasih aghape adalah kasih yang palin besar dari ke 3 kasih sebelumnya. Kasih aghape adalah kasih yang TUHAN berikan kepada kita, kasih ini menunjukan spiritual manusia pada sang pencipta, aghape merupakan kasih yang Allah sendiri berikan kepada manusia. Jika kita belajar dari Allah sendiri yang mengasihi kita, maka tentunya kita semua tahu kan bagaimana besar kasih Allah pada kita, seperti yang telah di singgung dari yohanes 3:16, dan juga cara Allah mengajarkan kasih itu sendiri seperti dalam 1 Korintus 13;4-7. Karna Allah terlebih dahulu mengasihi kita, maka kasih aghape adalah kasih yang kekal, sebab Allah adalah kekal, kasih ini tidak lah luntur seperti kasih kasih yang lain.

Nah setelah kita membahas tentang macam-macam kasih, sekaranng kita membahas tentang CINTA, apa sih cinta itu? Kuat mana cinta atau kasih?
Dari rangkuman tentang kasih di atas sebenar nya kita sudah tahu apa itu cinta. Cinta adalah suatu perasaan ketertarikan seorang dengan lawan jenisnya, cinta sendiri merupakan bagian dari kasih, seperti yang di singgung dalam point ke 3, kasih eros juga sering di sebut sebagai cinta.
Hal ini jelas memberikan kita jawaban apa itu cinta, ternyata cinta adlah bagian atau komponen dari kasih, yang artinya cinta adalah sesuatu yang kecil di dalam kasih.

Cinta dan kasih memang saling bersinambungan, naah sekarang kita bisa menyimpulkan apa itu cinta dan apa itu kasih.

Quest:
Lalu jika menikah, dengan kasih atau cinta?

Seseorang yang sudah paham akana makna cinta dan kasih pasti akan menjawab menikah dengan kasih, loh kenapa?
Bukan kah di dalam kasih kita di ajarkan cinta?. Di dalam kasih yang TUHAN ajarkan jelas di terangkan bahwa tidak ada cemburu, yang ada adalah sabar, murah hati dll, saat seseorang menikah tentu ia menginginkan pernikahan yang selamanya, tentram, damai dan tidak penuh konflik. (konflik sih pasti ada tapi jangan sering dan selalu yaa) kenapa yang saya singgung adalah kata cemburu? Cemburu itu adalah ekspresi ketidak percayaan seorang pasangan kepada pasangan nya. Naah bagaimana kita bisa membina hubungan keluarga dengan baik jika di antara pasangan masih penuh dengan cemburu?

Cemburu banyak di jadikan alasan untuk bertengkar, bahkan iblis menggunakan kecemburuan untuk menjatuhkan manusia dalam dosa (kej 3:4).
Di dalam cinta biasanya juga di sertai dengan cemburu, saat seseorang sedang jatuh cinta biasanya ia akan marah saat pasangan nya bersama orang lain,hal itu wajar, walaupun sebenarnya pasangan nya hanya sedang bersama teman,atau atasan nya, hal ini di karnakan rasa cemburu yang ada saat sedang jatuh cinta.
Berbeda dengan kasih, TUHAN mengajarkan tidak ada cemburu di dalam kasih, itu artinya kasih jauh lebih dewasa dari cinta, seseorang yang sudah mengalami kasih itu berarti sudah lulus dalam tahap cinta, ia telah melalui eros dan menuju aghape, pasangan yang sudah mengenal kasih ini penuh dengan pengertian, mugkin kecemburuan masih ada, itu wajar.. tetapi pengertian yang mereka miliki dapat menutupi kecemburuan itu
sendiri. Bukan berarti pasangan yang saling mengasihi tidak kesal ya saat melihat pasangan nya dekat dengan orang lain, rasa kesal itu ada tetapi karna kasih itu lebih dewasa maka saat kekesalan itu datang pengertian di antara mereka menjadi penengah bagi ke duanya, mereka akan jauh lebih senang berkomunikasi dari pada berprasangka buruk (cemburu).

Sekarang kita tentu sudah menimbang dan memilih bukan, ingin menikah dengan kasih atau dengan Cinta!.
Biarlah pengertian mu yang menjawab, bukan berarti cinta itu salah dan tidak perlu, cinta itu perlu, karna awal dari suatu hubungan itu berawal dari rasa cinta, tetapi kedewasaan suatu hubungan di tandai dengan munculnya kasih di antara ke2nya. Cinta dan kasih sama-sama di perlukan dalam suatu hubungan. Jalani ke duanya dengan sebaik baik nya.

Semoga tulisan ini bisa membantu para pasangan yang sedan menuju pernikahan dan mencari kesetian.
Selamat membaca terimakasih dan TUHAN memberkati….. ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar