Jumat, 05 Agustus 2011

5 Gadis bodoh dan 5 Gadis bijaksana

matius 25: 1-13
(ayat 13) " karna itu bejaga jaga lah, sebab kamu tidak akan tau akan hari mau pun saat nya "

dalam perumpamaan ini di ceritakan 10 orang gadis yang sedang menunggu mempelainya datang,ke 10 gadis ini masing2 membawa sebuah pelita, dan sama2 di sebut sebagai pengantin.

sebagian orang beranggapan bahwa 5 gadis yang bodoh adalah orang yang tidak mengenal YESUS, sedang kan 5 gadis yang bijaksana adalah orang2 yang mengenal YESUS atau di artikan sebagai orang kristen. Namun pada kenyataan nya ke 10 gadis tersebut adalah orang yang mengenal YESUS (org kristen), loooh.. kok bisa ya,tau dari mana??
yuuk kita sama2 pelajari firman nya :

1. Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki laki.
kata menyongsong mempelai laki - laki ini berbicara tentang "ketaatan", bukan kah kita sebagai anak2 TUHAN di sebut juga sebagai mempelai-mempelai yang sedang menunggu kedatangan TUHAN? sama seperti 10 gadis ini, mereka sama2 sedang menunggu kedatangan TUHAN dan ikut dalam perjamuan kawin. 10 gadis ini sama-sama taat dalam menunggu kedatangan TUHAN.
2. Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak,(ayat 3)
sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka (ayat 4).
persamaan ke dua yaitu 10 gadis itu sama2 membawa pelita, pelita berbicara tentang firman TUHAN (mzm 119:105),(amsal 6:23), 10 gadis itu sama2 membawa pelita atau firman dalam hidupnya, arti nya meraka sama2 mengenal TUHAN dan tau akan firman TUHAN serta membawa firman itu dalam hidup mereka.
3. kembali ke ayat pertama,dimana 10 gadis ini di sebut sebagai mempelai, yang arti nya seorang mempelai pasti menggunakan gaun pengantin/gaun pesta dong,...
gaun ini sendiri berbicara tentang perbuatan baik dan hidup kudus (wahyu 19:6)
gaun pengantin yang di buat dari kain lenan halus membuktikan bahwa 10 gadis itu sama2 dalam hidup nya melakukanm perbuatan yang benar, dan hidup dalam kekudusan.

nah dari 3 hal di ats sekarang kita tau bahwa 5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh itu adalah sam2 orang yang mengenal TUHAN, orng2 yang sedang menunggu dengan iman akan ke datngan TUHAN, yang tahu akan firman TUHAN dan melakukan perbuatan benar serta hidup dalam kekudusan, hanya masalahnya kenapa dalam perumpamaan ini di katakan 5 gadis bodoh dan 5 gadis bijaksana,..
jawaban nya ada di 1 perbedaan dari ke 10 gadis itu.
" Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak,(ayat 3)
sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka (ayat 4)."
yaaaa perbedaan nya hanya di minyak, minyak berbicara tentang pengurapan TUHAN (mzm 69:20),(mzm 23:5), (mzm 45:8), hal yang membedakan hanya urapan yang dari TUHAN atas hidup mereka.
sebab dengan pengurapan TUHAN kita memperoleh hikmat pengetahuan akan firman,karna pengurapan kita di ubahkan, karna pengurapan kita di ingat kan akan kesalahan, dan dengan pengurapan kita selalu senantiasa berjaga2 menunggu kedatangan TUHAN.

pesan TUHAN dalam perumpamaan ini adalah untuk menegur dan mengingatkan semua greja-grejanya untuk menilik kehidupan, dan bertanya "sudah kah kita di urapi oleh pengurapan dari TUHAN?".
mintalah pengurapan itu dan senantiasa lah berjaga2, sebab kedatangan TUHAN sebentar lagi, jangan biar kan diri mu kering dari minyak urapan,sehingga membuat pelita mu padam saat TUHAN YESUS datang menjemput mempelai2 Nya. (mat 25:13).
semoga catatan ini bisa menjadi berkat bagi kalian semua yang membaca, trimakasih TUHAN memberkati :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar